December 7, 2022

Kompetisi dasar menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan. Ada dua jenis alat bantu kerja di dalam bengkel otomotif, yaitu :

Hand Tools (Alat Tangan)

Hand tools ialah alat bantu kerja yang penggunaannya selalu menggunakan tenaga tangan insan.

Power Tools (Alat Tenaga)

Power tool yaitu suatu alat perkakas yang penggunaannya selalu menggunakan sebuah tenaga motor listrik, mesin bensin atau unit penggagas yang lain.

1. ALAT TANGAN / HAND TOOLS

KUNCI PAS (Open end wrench)

Kunci pas dibikin dari materi baja tensil tinggi yakni logam paduan Chrome vanadium, kunci ini mempunyai tangkai (shank) dengan kepala di masing-masing ujung yang menciptakan sudut 150 terhadap tangkainya.

  • FUNGSI KUNCI PAS

Kunci pas dibuat untuk mengencangkan dan melepas mur dan baut yang tidak terlalu berpengaruh momen pengembangannya atau kepala mur dan baut yang telah dilonggarkan dengan kunci ring. Kunci pas juga mampu digunakan untuk membuka mur / kepala baut dengan posisi pemasangan yang terhalang oleh bentuk konstruksi.

  • MACAM-MACAM KUNCI PAS
    – Kunci Pas Tunggal, Kunci pas yang mempunyai diameter dalam pada satu sisi saja.Kunci Pas Ganda

– Kunci pas yang mempunyai diameter dalam berbeda pada masing-masing sisi.

– Kunci Pas Kembar, Kedua diameter dalam kunci pas tersebut yakni sama besar. Contoh penggunaan Kunci Pas: Sudut kepala baut rusak

– Kunci Pas Crowfoot, Kunci pas crowfoot digunakan untuk melonggarkan atau mengencangkan mur atau baut yang tidak mampu diraih oleh kunci pas biasa.

– Kunci sumbat pembuangan dipakai untuk mengendorkan dan mengencangkan sumbat pembuangan yang terdapat pada engine, transmisi dan pelopor roda.

2. KUNCI RING (BOX WRENCH)

Kunci ring dipakai untuk melepaskan mur dan baut kalau memungkinkan. Batang (shank) yang menyudutkan memungkinkan anda memakai kunci untuk melepas dan mengencangkan kalau ruang/celahnya ada.

  • MACAM-MACAM KUNCI RING

– Kunci Ring Standar

– Kunci Ring Dwarf, Kunci ring Dwarf digunakan pada ruang yang lebih sempit di mana kunci ring kriteria terlalu panjang atau terlalu tebal sewaktu dipakai pada baut atau mur.

– Kunci Ring Lengkung digunakan untuk mencapai komponen yang baut atau mur nya akan dikencangkan atau dikendurkan, misalnya dipakai untuk mengencangkan baut motor starter.

3. KUNCI KOMBINASI (Combination Wrench)

Kunci variasi merupakan campuran dari kunci pas dengan kunci ring pada masing-masing ujung dalam ukuran yang serupa.

Jenis ini dikenal dengan kunci pas ” kombinasi “. Ukurannya dicap atau dicap muncul pada tangkainya berkisar antara 6 mm hingga dengan 32 mm.

4. KUNCI SOKET (Socket Wrench)

Soket adalah alat berbentuk silinder yang dibikin dari baja tensil tinggi atau sejenis logam paduan yakni Chrome vanadium dan untuk memperbaiki penampilannya dilapisi dengan nikel.

Satu ujung soket mempunyai dudukan segi empat dan ujung lainnya mempuni dimensi hexagonal (mirip kunci ring) untuk digunakan pada mur atau baut.

KARAKTER KUNCI SOK

Kunci sok adalah jenis kunci yang paling baik digunakan untuk melepas komponen dari kendaraan bermotor. Kunci ini akan pas pada baut hampir pada seluruh tempat pada kendaraan.

KELEMAHAN DAN KELEBIHAN KUNCI SOK

1. Kelemahan kunci pas dan kunci ring yakni sulit menjangkau baut dan mur yang berada pada posisi tersembunyi.
Dengan kunci sok yang dilengkapi dengan Batak penyambung (extension), persoalan ini dapat terpecahkan.

2. Dibandingkan dengan kunci pas dan kunci ring, kunci soket ini lebih besar memberikan gaya torsi atau momen puntir ya terhadap pengencangan atau pelepasan baut dan mur, hal ini dikarenakan soket selalu dilengkapi dengan batamg pemutar dan racthet.

KELENGKAPAN KUNCI SOKET

  • Batang Ratchet
  • Universal dan batang luncur Tee
  • Batang Sambung
  • Tangkai Bengkok
  • Tangkai Engkol
  • Kunci Tegangan (Tensil Wrench)
  • Kunci tegangan diketahui juga sebagai kunci momen.
  • Momen puntir berada pada kisaran 1 sampai 2125 Newton meter (Mm) dan dikelola dengan dudukan segi empat. Dudukannya dapat berkisar dari 7 sampai 25mm. Misalnya , untuk dudukan aktivis 7mm , rentang puntir ya antar 1 hingga 25 Nm.
  • Kunci Momen digunakan untuk mengencangkan mur atau baut sesuai dengan momen puntir yang ditetapkan.
  • Menyetel Kunci Tegangan
  • Menyetel kunci momen sesuai kekuatan yang ditetapkan.
  • Mengendorkan mur penyetel
  • Menggeser haji penyetel sepanjang skala hingga indikator segaris dengan nilai pengencangan yang diharapkan.
  • Mengencangkan mur pengunci
  • KUNCI BUSI
  • Kunci busi dipakai untuk melepas dan memasang busi yang umumnya dipasang pada posisi sukar dijangkau oleh kunci pas ataupun kunci ring.
  • Disamping itu kunci busi dirancang khusus untuk tidak menerima perlakuan momen pengencangan yang terlalu berpengaruh, dengan cara merancang tangkai yang pendek.
  • KUNCI RODA

Kunci roda harus digunakan untuk melepaskan mur roda dikala melepaskan atau memasang roda. Kunci roda mempunyai soket-soket yang terpasang pada ujung-ujung lengan yang sesuai untuk nyaris semua kendaraan.

5. KUNCI YANG DAPAT DISTEL (ADJUSTING WRENCH)

Kunci Inggris (Adjustable Wrench) cocok dipakai bila anda tidak mempunyai kunci pas yang sesuai untuk mur atau baut yang mungkin sudah aus atau berukuran terlalu kecil. Anda jangan memakai alat ini selaku pengganti kunci pas konvensional jika kunci pas tersebut memang tersedia.

Spesifikasi Ukuran Kunci Inggris

  • Rahang terapinya dibuat 5 derajat kepada gagang.
  • Gigi lurus selaku tempat rahang bebas di dalam gagang.
  • Pena pasak yang dikartel memposisikan pengatur di dalam gagang sehingga pena tersebut terpasang dengan gigi-gigi pada rack (gigi lurus).
  • Panjang kunci ini dapat mulai dari 100 mm hingga 450 mm

PENGGUNAAN KUNCI INGGRIS

A. Mengatur Kunci Inggris
Aturlah kunci Inggris agar pas dengan mur atau bautnya. Kunci ini dipasang dengan menggerakkan mur yang mampu distro sehingga rahang-rahangnya mencengkeram dengan berpengaruh.

B. Menggunakan Kunci Inggris
Pasanglah kunci pada mur sedemikian rupa sehingga pesona sepenuhnya berada pada rahang-rahangnya yang terkunci. Tariklah kunci pas ke arah anda untuk melepas mur

6. OBENG (Screen Driver)

Obeng ada dalam satuan set dalam ukuran dan bentuk penggagas yang berlainan. Panjang, pendek, sangat pendek (buntung).
Obeng terdiri dari batang yang yang dibuat dari baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada ujungnya dan gagang yang dibuat dari plastik, dicetak pada batangnya.

MACAM-MACAM OBENG
Obeng tolok ukur dipakai untuk melepas atau mengubah pengikat (fastener) mirip sekrup pengetap sendiri dan baut-baut kotak, seperti juga halnya mencungkil cetakan, badge, listrik pintu dan lain-lain.

Obeng pendek (stubby) yang lebih kecil mempunyai batang pendek dan dipakai pada area dimana tidak dibutuhkan gaya penuasan.

Obeng Plus mempunyai mata berbentuk bintang, dipakai untuk melepas sekrup kepala plus. Obeng jenis ini memungkinkan gaya puntir yang besar dan kecil kemungkinan terjadi slip pada kepala sekrup.

Penggunaan Obeng

Obeng harus benar-benar sejajar dengan sumbu sekrup untuk menghalangi kerusakan kepala sekrup. Ruang di atas sekrup akan menentukan panjang tangkai maksimum obeng.
Bila ruang tidak terbatas, semestinya gunakan obeng yang paling panjang. Apabila ruang terbatas, mungkin mesti memakai obeng berupa siku.

Obeng Impact (Obeng Ketrok)
Obeng impact digunakan untuk melepaskan sekrup yang terpasang sangat kencang.

Catatan :
Obeng impact dapat dipakai untuk mengencangkan sekrup.
Palu dan obeng ketok dipakai untuk meringankan sekrup yang sangat kencang.

Cara menggunakan obeng ketok
Cara memakai obeng ketok ialah dengan memastikan mata obeng terpasang berpengaruh pada baut/mur kemudian memasang hub dan pemegang, serta menghantam pemegang obeng dengan secara tiba-tiba sehingga mata obeng akan berputar untuk mengencangkan atau merenggangkan baut.

7. TANG

Tang Kombinasi
Tang ini merupakan tang yang sering kita temui dan aneka macam kegunaannya. Antara lain mampu dipakai untuk menjepit, memuntir, mengupas dan memotong kabel. Ukurannya biasanya 6-7 inchi.

Tang Curut (tang lancip)
Tang curut ini bentuknya sesuai dengan tikus curut, yakni jenis tikus yang moncongnya panjang dan lancip. Tang ini juga berfungsi untuk menjepit dan mempermudah untuk menjangkau sela-sela sempit pada kendaraan.

Tang Multigrip (tang betet)
Tang ini ibarat dengan paruh burung, tang burung ini mempunyai daya cengkram yang berpengaruh. Karena pengungkitnya lebih panjang dan kepala eksklusif ke obyek. Untuk ukuran tersedia dalam ukuran 8 inchi, 10 inchi dan 12 inchi.

Bagian-bagian Tang Multigrip (tang betet)

Tang Snap Ring (Circlip)
Tang ini diketahui juga dengan nama tang api, yaitu berfungsi untuk menawan ganjal kecil dan sebagainya. Tang ini ada 2 versi yang dibedakan berdasarkan ujungnya yakni lurus dan bengkok.

Rahang bundar, bergerigi tajam dan berbentuk tirus semoga pas pada lubang kecil di dalam circlip. Jenis eksternal dan internal konstruksi pada titik tumpu gagangnya berlawanan. Rahang dari jenis external bergerak ke luar pada dikala gagangnya ditekan serentak.

JENIS TANG SNAP RING (CIRCLIP)
Jenis tang snap ring internal (circlip)
Circlip jenis internal, untuk melepas atau memasangnya kedua kaki snap-ringnya bergerak ke arah dalam.

Menggunakan tang snap ring internal (circlip)

Jenis tang snap ring Eksternal (circlip)
Jemis circlip eksternal mengembang ke arah luar dengan sepasang snap-ringnya eksternal untuk memasang atau melepas circlip.

Menggunakan tang snap ring Eksternal (circlip)

Tang potong
Tang ini mempunyai mata pisau di sisi dalamnya. Tang ini berfungsi untuk memangkas kabel dan kawat.

Jenis Slip Joint
Tang tolok ukur bawaan kendaraan beroda empat dan motor. Dimana biasanya menjadi bonus disaat mobil/motor diterima. Fungsinya hampir sama dengan yang variasi , tetapi lebih sederhana dari tang variasi.

Satu gagangnya mempunyai slot kecil dan gagang lainnya dikencangkan dengan pena tumpu. Rahang mampu dikelola pada salah satu dari dua posisi.

Tang Multigrip
Sebuah gagangnya memiliki slot yang diperpanjang tamil dan gagang lainnya dikencangkan dengan pena tumpu khusus.
Pena tumpu khusus memungkinkan lebar kudapan rahang mampu distro pada salah satu dari lima posisi.
Cocok untuk mencengkeram permukaan-permukaan yang lengkung dan bulat atau mencengkeram komponen-komponen kecil.

Tang Pegas Rem
Tang pegas rem digunakan untuk melepaskan dan memasang sepatu rem yang ada pada tromol rem.

Tang Rivet
Terdapat dua tipe yaitu biasa dan fleksibel , kedua fungsinya sama yakni untuk memasang paku keeling. Untuk yang fleksibel dapat dipakai untuk bidang lurus maupun sudut.

Tang Pengupas Kabel

8. Kunci Allen (Kunci L)

Kunci Allen adalah suatu kunci yang terbuat dari baja berdaya tekan tinggi berupa sisi enam (enam sisi) dan dibengkokkan 90 derajat membentuk batang berbentuk L.
Umumnya kunci Allen satu set dengan ukuran mulai dari 1 mm hingga 9 mm. Ukuran kunci Allen diukur sepanjang segi enamnya.

Kunci-kunci Allen dipakai untuk melepaskan dan memasang tutup-tutup Allen atau sekrup set.

Menggunakan Kunci Allen

Sekrup set mempunyai kepala segi enam dan membutuhkan kunci Allen untuk melepas ataupun memasangnya.
Tempatnya sekrup set pada posisi yang baik dan ukur jarak sisi sejajar sisi enam dan pilih kunci elen yang pas yang tertera pada batang kunci.
Untuk sekrup yang lokasinya jauh di dalam lubang , perkirakan ukuran kunci elen dan coba susuannya (kesesuaian ukurannya).

Coba terus beberapa kunci elen hingga diperoleh kunci yang tepat.

9. PISTOL UDARA (Air Gun)

Pistol udara digunakan untuk pekerjaan pencucian dimana udara bertekanan dibutuhkan untuk meniup permukaan untuk membuang debu , air dan sisa-sisa pengampelasan.

Pistol udara mempunyai gagang plastik dengan lubang penyemprot logam. Tuas pada gagang mengendalikan tekanan udara. Tidak ada bunyi yang mengalir sebelum tuas pemicu ditekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *