January 30, 2023

Cimin ialah salah satu Jajanan Bandung yang lagi hits. Cimin sering disebut cilok mini alasannya bahan dan cara membuat cimin gaul ini seperti dengan cilok. Populer juga dengan cilor (aci telor) alasannya adalah materi utama yang dibuat dari tepung aci (tapioka/kanji), diiris kotak kemudian dimasak pakai telur kemudian ditabur bon cabe atau bermacam pilihan rasa dari aneka bumbu tabur.

Nah, ada juga yang menyebut cimin dengan cireng mini, mungkin alasannya aci yang digoreng dengan telur, bisa pakai cetakan kudapan manis cubit, martabak mini dan sebagainya atau cuma dengan wajan saja.

Tips Olah Cimin Gaul Kenyal Dan Empuk

Berbeda dengan cilok, kelezatan cimin gaul Bandung karena teksturnya yang lebih kenyal-kenyal empuk berpadu dengan aneka rasa pilihan dari bumbu tabur sampai kombinasinya. Jika bikin cimin untuk jualan, maka seleksilah kualitas bumbu tabur yang sempurna dan yang pasti memiliki rasa yang enak.

Bahan-bahan Cimin :

  • 100 gram tepung aci (tapioka/kanji) atau tepung sagu
  • 1 sendok (10-15 gram) tepung terigu
  • ½ sdt merica/lada bubuk
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt kaldu bubuk
  • 1 siung bawang putih (haluskan)
  • 70 ml air mendidih
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • Aneka bumbu tabur dengan rasa sesuai selera

Cara Membuat Cimin :

  1. Campurkan dan aduk rata tepung tapioka dengan terigu, merica, garam, kaldu bubuk, dan bawang putih halus.
  2. Tuang air panas mendidih secukupnya (akan menghipnotis kekalisan gabungan), berikutnya aduk rata lalu uleni dengan tangan hingga gabungan kalis.
  3. Agar adonan tidak mengering, secepatnya pipihkan adonan (menggunakan roll atau botol) dengan ketebalan sekitar 1 cm atau sesuai selera. Berikutnya potong-potong berbentuk kotak atau dadu kecil.
  4. Setelah itu, masukkan belahan gabungan tadi ke dalam air yang sudah mendidih. Rebus sampai benar-benar matang, angkat dan tiriskan.
  5. Panaskan cetakan (bisa cetakan kue cubit, martabak mini atau wajan saja), olesi dengan minyak goreng. Setelah panas, masukkan serpihan campuran cimin.
  6. Kemudian tuang kocokan telur sesuai selera, serta balik semoga matang merata kemudian angkat. Beri bumbu tabur dengan rasa yang disukai atau kombinasinya maupun cukup cuma dengan bon cabe. Aduk sampai cimin merata dengan bumbu lalu cimin sudah siap untuk disantap.

Cimin Bandung biasanya mempunyai teksur yang kenyal-kenyal empuk, untuk itu bahan mampu menggunakan full aci dengan hasil yang benar-benar kenyal empuk (namun nanti adonan jadi sungguh lengket, ada juga tips yang memakai minyak goreng untuk mengatasi lengketnya). Atau mampu juga yang dipadukan dengan terigu, tetapi seperlunya saja agar adonan tidak terlampau padat bahkan malah menjadi keras.

Cobalah sesuaikan takaran resep dulu, setelah berhasil dan cocok maka tinggal dilipatgandakan saja takarannya.

Thanks for like n share :
Subscribe to receive free email updates:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *