December 7, 2022

Car battery on white background Three-dimensional image

Battery aki berfungsi sebagai sumber arus listrik dan mensuplai listrik ke unsur kelistrikan lainnya. Untuk itu battery aki merupakan hal yang sangat penting, utamanya pada mobil. Karena aki pada kendaraan beroda empat menjadi sumber tenaga untuk menghidupkan engine kendaraan beroda empat. Lambat laun tenaga listrik battery akan habis, maka dapat berakibat ke bagian kelistrikan yang membutuhkan listrik.

Hal nya pada engine di saat dihidupkan dalam keadaan tenaga aki habis, maka mesin akan sukar bahkan tidak bisa dihidupkan dengan starter. Oleh karena itu, kita sebagai pemilik kendaraan beroda empat atau pengguna kendaraan beroda empat wajib memelihara battery mobil biar tetap dalam kondisi prima.

Battery lemah atau tekor ialah dimana kondisi battery kelemahan daya listrik. Berat jenis accu zuur pada battery semua sel rata-rata di bawah 1 ,220 dengan tegangan 12 Volt, maka aki tidak bisa memutar motor starter sehingga engine tidak hidup.

Sementara aki drop itu terjadi sebab tegangan aki dibawah 10 Volt. Ketika aki di recharge, maka tegangan aki akan kembali hingga normal kembali. Tetapi seiring berjalannya waktu penggunaan terhadap aki, lambat laun aki cepat tekor dan terjadi problem sel rusak dan sebagainya yang menimbulkan aki soak.

Penyebab aki drop ,soak atau tekor

Penyebab Kerusakan Battery Accu


1. Pengisian Muatan Listrik Tidak Cukup

Baterai yang menawarkan arus listrik perlu dikerjakan pengisian lagi (recharge), sebab arus listrik yang keluar dari baterai aki secara terus-menerus akan menyebabkan hilangnya muatan listrik sehingga aki tekor atau soak. Di dalam mobil ada sistem pengisian, yang berfungsi untuk mengisi kembali arus listrik DC pada baterai dan mensuplai arus listrik ke bagian-bagian kelistrikan yang membutuhkannya.

Apabila metode pengisian normal maka tidak diperlukan lagi pengecasan di luar menggunakan alat charger battery, namun bila sistem pengisian tidak wajar maka harus diperbaiki dan battery di charger dengan alat charger battery. Pengisian ini dengan maksud tujuan semoga muatan listrik battery cukup.

2. Pengisian Muatan Listrik Berlebihan

Pengertiannya sama dengan isi kalimat nomor 1. Tapi kali ini muatan arus listrik yang berlebihan, kembali lagi pada tata cara pengisian kendaraan beroda empat, perlu dikenali bahwa sistem pengisian ini memiliki komponen salah satunya yakni alternatif, komponen ini berfungsi untuk mengubah energi mekanik dalam bentuk gerak putar dari mesin menjadi energi listrik dalam bentuk arus DC.

Tegangan yang dihasilkan metode pengisian pada battery ketika mesin dihidupkan yaitu antara 13-14, 8 dengan toleransi 13 volt, apabila tegangan battery melampaui 14, 8 maka sistem pengisian overcharge, jika terjadi secara terus-menerus akan mengakibatkan putusnya sel pada battery dan menyebabkan battery soal. Untuk itu segeralah anda memeriksa sistem pengisian mobil anda ke bengkel terdekat atau khusus tata cara pengisian supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat merugikan unsur-komponen yang lain.

3. Pengisian Elektrolit Tidak Cukup

Pada jenis aki lembap elektrolit menjadi elemen utama dalam proses penyimpanan arus listrik battery. Selama pemakaian tinggi permukaan elektrolit (accu zuur) akan turun alasannya air akan terelektrolisasi pada saat pengisian muatan listrik. Bila berat jenis elektrolit kurang, maka akan mengakibatkan rusaknya sel battery dan arus listrik yang tersimpan tidak optimal sehingga aki cepat soak. Oleh karena itu periksalah selalu tinggi permukaan elektrolit, jika kurang tambahkan dengan air suling (air accu) bukan accu zuur!

4. Beban Terlalu Besar

Sumber tegangan listrik battery 12 Volt dengan daya yang berlawanan-beda. Kapasitas daya battery ditunjuk oleh jumlah ampere/jam (AH). Kapasitas ini sangat besar lengan berkuasa terhadap beban kelistrikan yang lain pada kendaraan beroda empat. Jumlah daya battery pada mobil sudah bawaan kriteria pabrikannya dengan spesifikasi kelistrikan mobilnya, jikalau anda sudah menambahkan aksesoris lainnya , maka beban listrik bertambah dan daya baterai semakin berat untuk mengangkat beban sehingga menimbulkan aki cepat soak. Oleh sebab itu, gantilah battery dengan jumlah ampere yang lebih tinggi sesuai dengan keperluan anda.

5. Temperatur Lingkungan Tinggi

Letak battery pada mobil berada di ruang mesin, dimana suhu mesin mencapai puluhan hingga ratusan °C. Oleh sebab itu pabrik kendaraan beroda empat menaruh suatu baterai dengan engine seefisien mungkin dan tergantung besar kecil kap mobilnya. Pada saat engine menyala, temperatur suhu sekitarnya naik sehingga terjadi radiasi hingga ke aki, kesudahannya suhu aki ikut menjadi  tinggi dan elektrolit menguap sehingga berkurangnya jumlah elektrolit yang menjadikan aki cepat soak.

6. Kehilangan Muatan Listrik Sendiri

Banyak para pengguna kendaraan beroda empat pada dikala malam ketika berhenti eksklusif mematikan kendaraan beroda empat tanpa mematikan lampu penerangan mobil , hal ini dapat menyebabkan arus listrik keluar secara terus-menerus dari baterai. Akibatnya lambat bahari jumlah tegangan baterai makin berkurang, sehingga tidak dapat digunakan secara optimal. Oleh alasannya adalah itu dikehendaki untuk para pengguna kendaraan beroda empat matikan semua kelistrikan lampu sebelum dimatikan.

7. Umur Battery Sudah Lama

Umur battery sebagai tolak ukur kalau baterai soak, kalau baterai soak dalam jangka waktu melampaui perkiraan maka umur baterai abadi dan begitu sebaliknya. Biasanya kalau baterai soak sebelum batas pemakaian, maka telah mampu dipastikan ada persoalan pada baterai tersebut. Oleh karena itu catat lah tanggal waktu bikinan dan simpanlah sebagai bukti bila ada kerusakan sebelum garansi habis.

8. Elektrolit Kotor

Layaknya kita, diberi minuman yang kotor maka lambung kita menolak sehingga terjadinya sakit perut. Hal ini juga terjadi pada baterai yang mampu menyebabkan penyimpanan dan pengeluaran arus listrik tidak optimal. Oleh alasannya itu hindarilah kotoran pada ketika melakukan pengisian atau memperbesar elektrolit air aki pada baterai.

Itulah penyebab baterai aki cepat drop/ soak/ tekor, selain itu penyebab yang lain merupakan dari pemakaian dan usia aki tersebut. Tanggal produksi aki juga perlu dimengerti selaku penentu jika terjadinya toruble shooting pada aki tersebut. Dengan mengetahui penyebab performa aki menurun, setidaknya kita bisa mengantisipasi hal-hal tersebut sebelum berpergian jauh.

Demikian gosip yang mampu saya sampaikan tentang penyebab aki cepat drop, soak dan tekor, semoga berguna bagi kita semua. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *