Battery Aki merupakan salah satu pecahan paling penting dari suatu kendaraan baik motor maupun mobil. Battery aki berfungsi sebagai sumber  arus listrik ke komponen-komponen yang membutuhkannya. Bagi sebagian orang yang mempunyai kendaraan tidak terlampau peduli terhadap komponen yang penting ini.

Tips Perawatan Baterai Aki Mobil

Tidak sedikit orang yang hampir tidak pernah memeriksa battery aki pada kendaraan, kecuali pada dikala trouble shooting mirip engine kendaraan baik kendaraan beroda empat maupun motor tersebut mati tak inginmenyala menggunakan starter.

Padahal aki ini harus sering dirawat, alasannya aki sering bahkan cepat soak jikalau digunakan tidak seefisien mungkin. Oleh alasannya adalah itu kita mesti benar benar menjaga dan merawatnya sehingga aki infinit dan dapat bertahan lama tanpa trouble apapun.

Tips merawat aki mobil

Pada saat membangkitkan engine mobil, battery aki berfungsi selaku sumber arus listrik pada motor starter untuk memutar mesin pertama kali dengan cara memutar flywheel. Setelah engine kendaraan beroda empat hidup, maka aki tidak perlu memperlihatkan daya terhadap komponen kelistrikan yang lain. Karena pada mobil itu sendiri sudah ada sistem pengisian, dimana sumber arus aki yang keluar diisi kembali dengan tata cara pengisian. Hal ini terjadi secara terus-menerus dikala mobil hidup.

Perlu dikenali bahwa aki sangat memerlukan perawatan, perawatan inilah yang mempunyai pengaruh pada panjang pendeknya usia battery aki.
Berikut ini adalah tips-kiat merawat battery aki :

1. Mengisi Cairan Pertama Kali Pada Aki Baru

Cara ini dilaksanakan pada pertama kali aki diisi dengan accu zuur bukan dengan air suling (air aki) pada jenis aki basah. Biasanya pada dikala anda berbelanja aki berair, aki basah ini dalam nya masih kosong belum ada cairan elektrolit. Pada dikala anda membeli aki jenis basah ini, eksklusif diisi sewaktu anda sudah deal membeli aki ini oleh mekaniknya. Untuk mampu menentukan cairan pertama kali diisi pada aki lembap, anda bisa langsung lihat dan mengajukan pertanyaan-tanya ke mekanik agar anda tahu dan memperbesar wawasan.

Untuk pengisian pertama jangan diisi dengan Air Aki, Air Suling atau Cairan lainnya.

2. Menambah Cairan Pada Aki Lama

Selama pemakaian aki, tinggi permukaaan elektrolit (accu zuur) akan turun alasannya air akan terelektrolisasi pada ketika pengisian muatan listrik. Oleh sebab itu periksalah selalu tinggi permukaan elektrolit. Jika kurang tambahkan dengan air suling (air accu).
Lihat batas indikator permukaan battery pada Upper Level dan Lower Level, bila elektrolit sudah berkurang maka tambahkan air suling (air accu) sampai batas Upper Lever dan dilarang kurang hingga batas Lower Level.
Jangan menangguhkan pengisian hingga plat nyata dan negatif timbul di atas permukaan elektrolit atau dibawah Lower Level, sebab akan menjadikan plat memutih sehingga tidak mampu berfungsi lagi atau aki soak.

Jangan memakai accu zuur untuk menambah elektrolit alasannya adalah akan menjadikan berat jenis elektrolit terlalu tinggi dan menghemat umur battery.

3. Menjaga Kebersihan Aki

Bersihkan terminal-terminal aki dari kotoran debu , karat dan jamur. Bersihkan menggunakan air panas/lap berair kemudian berikan Vaseline. Karena terminal aki yang higienis menghalangi dari korsleting pada saat terminal faktual dan negatif terhubung. Cara inilah merupakan salah satu cara untuk mampu memperpanjang usia aki.

4. Menambah Muatan Listrik Atau Penyetruman Ulang

Battery yang dipakai mengeluarkan arus listrik pada komponen-komponen yang membutuhkannya , oleh alasannya adalah itu harus ada pengisian untuk mengisi kembali arus listrik pada battery.
Battery yang diisi accu zuur harus dijaga dalam bermuatan listrik , alasannya adalah akan terjadi sultatisasi bila dicharge lama dalam kondisi tidak bermuatan listrik (dicharge).
Cara ini merupakan salah satu cara untuk memperpanjang umur battery dan sebaliknya.

5. Memanaskan Mesin Mobil

Jarang memakai mobil, ini ialah salah satu cara untuk merawat komponen-komponen kelistrikan lainnya dengan cuma memanaskan mesin mobil setiap harinya. Aki yang terpasang pada kendaraan akan mengalami self dicharge sebab arus keluar terjadi secara terus-menerus dalam keadaan mobil tidak menyala.

Hal ini adalah salah satu penyebab jikalau anda tidak pernah memanaskan kendaraan anda selama berminggu-minggu hingga berbulan bulan. Akibatnya aki pada kendaraan anda tidak dapat atau besar lengan berkuasa untuk membangkitkan mesin kendaraan anda.

Sekarang anda sudah mengenali betapa pentingnya untuk memanaskan kendaraan, selain memperpanjang usia aki juga memperpanjang usia komponen lainnya, seperti engine yang mensugesti metode komponen lainnya. Untuk memanaskan kendaraan anda hanya butuh waktu sekitar 15-30 menit setiap hari atau 2 hari sekali. Tetapi bila anda sering menggunakan kendaraan anda tiap paginya cuma membutuhkan waktu 5-10 menit hingga suhu mesin ideal sebelum digunakan.

Jika anda sibuk tidak sempat untuk memanaskan mesin kendaraan beroda empat anda, copotlah kabel terminal negatif (-) baterai semoga arus listrik tidak keluar sehingga tegangan aki tetap tidak turun. Kemudian jika ingin dipakai, pasang lagi mirip semula.

6. Memeriksa Sistem Pengisian

Untuk memeriksa tata cara pengapian bisa dilihat dari indikator baterai pada dashboard kendaraan beroda empat anda, pada saat kunci kontak on dan mesin mati maka lampu indikator baterai akan menyala, dan bila mesin kendaraan beroda empat hidup maka lampu indikator baterai akan mati. Apabila mesin kendaraan beroda empat hidup dan lampu indikator baterai masih menyala berarti ada problem pada metode pengisian.

Salah satu cara memeriksa eksklusif metode pengisian adalah dengan cara menghidupkan mesin mobil anda, kemudian kabel terminal negatif (-) baterai aki dilepas. Bila mesin mobil anda mati sehabis kabel terminal negatif (-) baterai aki dilepas, maka sudah mampu dipastikan bahwa sistem pengisian memiliki masalah. Sebaliknya jika mesin mobil anda tetap hidup sesudah kabel terminal negatif (-) baterai aki dilepas, sudah mampu dipastikan bahwa sistem pengisian wajar dan tidak ada dilema.

Berikut ini yaitu tindakan untuk mengusut tata cara pengisian :

  1. Siapkan alat Digital Multitester.
  2. Setting multitester pada posisi DC Volt minimum 20 Volt.
  3. Mengukur tegangan battery pada saat mesin dihidupkan. Tegangan baterai aki yang dihasilkan antara 13, 8 – 14, 8 dengan toleransi 13 Volt dengan menaikan RPM 2000-2500.
  4. Pengecekan dikerjakan pada dikala mesin hidup dengan beban listrik sarat (AC, radio-tape, semua lampu dan aksesoris lainnya dinyalakan). Jika tegangan tidak meraih 13 Volt berarti system pengisian dari alternatif kurang baik/tidak wajar.

Jangan membangkitkan beban listrik sarat jika mesin mobil dalam keadaan mati dalam jangka waktu lama, alasannya arus baterai aki usang-usang akan terkuras tanpa adanya sistem pengisian dan mampu mengakibatkan aki cepat tekor, balasannya baterai aki tidak mampu untuk membangkitkan mesin kendaraan beroda empat kembali menggunakan starter.

7. Memeriksa Kondisi Aki

Memeriksa kondisi aki memakai alat battery load tester untuk mengetahui hasil mutu aki kendaraan beroda empat. Setelah anda mengetahui kondisi aki anda masih anggun atau tidaknya, anda mampu melaksanakan perawatan yang sudah kami jelaskan ia atas tentunya semoga baterai aki kendaraan beroda empat anda lebih baka dan tahan lama jikalau anda rawat dengan baik dan berkala.

Aki kendaraan beroda empat dapat bertahan usang sesuai dengan pemakaian anda, bagaimana anda melaksanakan perawatan yang terbaik untuk aki mobil anda. Kisaran usia aki bawaan pabrik kendaraan beroda empat bisa sampe 3-5 tahun tentunya sesuai dengan pemakaian dan perawatan anda. Setiap baterai aki berlawanan-beda usianya pabrikannya sendiri, biasanya pabrik sudah mampu menunjuk dalam jangka waktunya, makanya setiap aki masing-masing memiliki garansi yang berlainan.

Oleh karena itu jikalau anda berbelanja baterai aki untuk mobil anda, bisa dengan meminta garansi atau dikasih garansi resmi dengan catatan check up dengan waktu yang sudah ditentukan. Untuk itu anda dapat mempergunakan waktu luang anda untuk melaksanakan check up ke bengkel yang anda beli aki tersebut. Di nomor selanjutnya akan saya jelaskan pentingnya tune up buat kendaraan.

8. Melakukan Tune Up Di Bengkel Langganan Anda

Sebelumnya sudah diterangkan cara untuk merawat aki kendaraan kendaraan beroda empat anda, selain dari yang sudah diterangkan beliau atas, kemudian cara berikutnya untuk merawat kendaraan anda ialah dengan melaksanakan tune up dengan berkala di bengkel kepercayaan anda atau jika anda bisa sendiri itu lebih baik alasannya adalah bisa mengirit ongkos tune up. Pada biasanya dikala anda melakukan tune up, potongan-belahan komponen terpenting termasuk baterai aki akan diperiksa menggunakan alatnya.

Pentingnya tune up salah satunya ialah untuk memperbaiki dan merawat komponen-komponen pada kendaraan beroda empat anda khususnya engine. Pada ketika tune up di bengkel langganan anda, mekanik niscaya memberi isu ihwal kondisi kendaraan beroda empat anda, permasalahan dan solusi kedepannya yang terbaik untuk mobil anda pastinya. Pilihlah bengkel yang berdasarkan anda nyaman, aman dan terpercaya.

Itulah 8 kiat cara merawat aki mobil agar mampu bertahan lama, abadi dan tidak gampang Soak.

Berikut ini yakni permasalahan/trouble shooting yang sering terjadi pada kendaraan beroda empat tidak ingin hidup.

Permasalahan/Trouble shooting

1. Battery aki elok tetapi saat di starter tidak mau hidup.

  • Battery motor starter dari kerusakan
  • Periksa kekencengan kabel terminal battery
  • Periksa kebersihan terminal battery dari karat dan kotoran
  • Periksa metode pengapian
  • Periksa sistem bahan bakar

2. Battery aki bagus, starter cantik tetapi metode pengisian tidak ada pengisian

  • Periksa kekencangan kepala battery
  • Periksa kebersihan battery dari karat dan kotoran
  • Periksa alternatif dari kerusakan/kelainan
  • Periksa kekencangan V-Belt dari kekenduran
  • Periksa regulator dari kerusakan
  • Periksa kabel massa (ground) dari kerusakan

3. Battery aki elok tetapi pada ketika dipakai beban listrik penuh tegangan battery drop/tekor

  • Periksa kabel massa (ground) dari kerusakan
  • Periksa beban apakah terlalu tinggi
  • Periksa beban dari kelainan

4. Battery aki cantik, pengisian anggun namun pada dikala mesin dihidupkan dalam waktu tertentu kendaraan beroda empat tidak mampu di start

  • Periksa ada kebocoran arus/beban pada kendaraan
  • Periksa umur battery sudah usang

5. Battery meledak

  • Kepala battery buruk sebab di dalamnya terdapat rongga
  • Kepala battery longgar sehingga terjadi percikan

Itulah permasalah/trouble shooting yang sering terjadi pada kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *